18 April 2016

Cake Labu

18 April 2016
Bismillah

Saya sangat suka makanan yang berbahan dasar labu. Apalagi semua yang ada di rumah pada suka semua. Dan setelah menikah ternyata suami pun menyukai olahan labu, rasanya klop-lah. Soalnya kan banyak juga ya orang yang tidak menyukai aroma dari labu ini. Tapi syukurnya kita serumah suka2X aja dan jarang nolak ama yang nama makanan hehehe…

Dan karena suami juga suka labu jadi di rumah selalu ada stock labu yang saya simpan. Setiap saya ingin memasaknya selalu tersedia. Apalagi di pasar tempat saya gampang banget dapatinnya bahkan harganya juga murah. Terakhir beli per kg-nya cuma Rp 5000 rupiah. Jadi belinya suka rada banyak gitu karena sering saya olah menjadi cemilan yang nantinya dinikmati saat malam sambil nonton tv…

Macam2X ya olahan dari labu, tapi seringnya saya membuat olahan labu ini menjadi kolak labu, cake labu, kue lumpur labu, cenil labu, timphan (*kue tradisional dari Aceh) dan lain2X-nya (*kalau disebutin ga siap2X kayanya ya) dan semuanya saya syukaaa syeekale hehehe… Eh ga saya aja ya tapi semua keluarga saya ditambah suami. Jadi ga bisa bikin dikit deh kalau mo buat olahan labu ini. Sekali bikin selalu banyak, apalagi ibu saya sering protes kalau cemilannya cepat habis, pokoknya kita KBM (*keluarga banyak makan) banget deh hahaha…

DSC00021(Photo: Dok. Pribadi)
 ********


DSC00017(Photo: Dok. Pribadi)

Kali ini saya ingin membuat cake labu, karena baru dua hari sebelumnya saya bikin kolak labu. Seperti biasanya cake labu ini laris manis karena memang enak rasanya. Ga terasa loh labunya, apalagi bau labunya. Endess lah pokoknya :D
Dan ini dia resepnya ya…
 Bahan

225 gr labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan
200 gr gula pasir, bisa dikurangi bila tidak suka manis
125 gr tepung protein sedang (Segitiga Biru)
30 gr susu bubuk
1 sdt baking powder
50 gr butter
50 margarin
5 butir kuning telur
4 butir putih telur
Kismis secukupnya untuk taburan

Cara membuat

 * Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder
* Lelehkan butter dan margarin (*tapi jangan sampai bening)
* Kocok telur dan gula sampai kental berjejak
* Masukkan terigu bergantian dengan margarin leleh, dan terakhir masukkan labu yang sudah dihaluskan (*aduk rata ya)
* Masukkan ke loyang yang sudah dilapisi dengan kertas roti lalu taburi kismis dan oven sampai matang

DSC00014(Photo: Dok. Pribadi)

NOTE: Untuk lama memanggang tergantung dari panasnya oven masing2X ya, karena tiap oven berbeda. Kalau saya sekitar 45 menit sudang matang.

Selamat Mencoba

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014