1 Mei 2016

P i z z a

1 Mei 2016

 Assalamualaikum… Apa kabarnya all? Semoga selalu istiqomah dan sehat selalu ya :)

Di awal nikah dulu saya pernah janji ama Aya untuk membuatkan pizza untuknya tapi karena saya ini orangnya rada angat2X *ek ayam kalau mau masak hahaha maka sering kali saya menunda2X setiap Aya ngingatin saya untuk membuatkan pizza untuknya. Selain itu saya merasa perlu mood yang bagus kalau mau masak sesuatu, jadi ya gitu harus pas saya enak hati hehehe… Kalau ngga mood biasanya apapun makanan yang saya bikin ga akan enak (*maklum ya, saya kan bukan pro =))

Tapi karena Aya sering nyindir2X saya kalau pizza buatan saya enak banget, dan dia nambah2X terus makannya (*padahal sama sekali blom pernah makan pizza buatan saya) maka saya pun memenuhi janji saya (soalnya janji itu hutang kan?) Jadi so yesterday banget ya janji bikin pizza ini hehehe…

Devimairani.blogspot.com(Photo: Dok.Pribadi)

devimairani.blogspot.com3 

Karena stock bahan2X selalu ada, saya ga terlalu repot sih bikinnya. Apalagi untuk topping saya membuat seadanya saja karena kalau terlalu “pizza” saya malah ga suka. Jadi saya coba sesuaikan dengan lidah orang Indonesia aja, biar semuanya bisa makan. Soalnya kalau ibu saya sangat sulit menerima masakan yang kaya bule2X gitu, wong waktu saya bilang mo bikin pizza ibu saya langsung ngomong “yahhh ntar ga bisa makan lah”… Tuh kan, jadi ga enak saya nya :(

Akhirnya biar ibu saya ada cemilan juga, saya membuatkan jamur crispy aja karena memang ada jamur di rumah. Dan alhamdulillah ibu saya senang banget. Jadi masing2X punya pilihan sendiri…

Balik lagi ke membuat pizza, sebenarnya yang kadang membuat saya malas adalah proses menguleninya dan menunggu proses proofing. Beneranlah malas kali nunggunya. Tapi karena jani ya sudahlah ditepati (*lain kali malas lah janji2X lagi hehehe…)

Dalam membuat pizza kali ini saya metode Tang zhong dan memang alhamdulillah hasilnya pizzanya lembut dan seperti saya harapkan. Dan begitu selesai dipanggang langsung diphoto2X dan dimakan ama Aya dan ponakan saya, Ibnu. Alhamdulillah semua suka. 

devimairani.blogspot.com5

devimairani.blogspot.com6

Buat kalian yang ingin membuat pizza dan mencoba ini saya bagikan resepnya ya =))

PIZZA Dengan Metode Water Roux (Teknik Tang Zhong) 

Bahan
Biang/Tang Zhong:
25 gr tepung terigu (2 sdm penuh)
125 ml air putih (1/2 gelas belimbing ukuran 250 ml)

Bahan Dough Pizza:
250 gr tepung terigu
1 sdt ragi instan
1 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng (50 ml)
50 ml air hangat

Cara Membuat:
- Membuat Biang
Masukkan tepung terigu dalam panci kecil, kemudian tuangkan air putih, aduk2X hingga tepung terigu larut. Masak dengan api kecil, aduk2X terus hingga mengental tapi jangan bergumpal, angkat. Dinginkan.
- Membuat Dough
Masukkan tepung terigu dalam mangkok, tambahkan ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Masukkan bahan biang yang sudah dingin, uleni adonan hingga rata
- Tuangkan air putih hangat sedikit demi sedikit, tambahkan garam halus, uleni hingga rata. Lalu masukkan minyak goreng, uleni adonan hingga kalis
- Istirahatkan adonan dough pizza kira2X satu jam
- Setelah satu jam adonan akan mengembang kurang lebih 2X lipat, buka plastiknya. Kempiskan adonan.
- Pipihkan adonan pizza, tipiskan dengan memakai telapak tangan menjadi bulat tipis. Siapkan loyang olesi dengan margarin. Letakkan adonan pizza yang sudah ditipiskan, tusuk2X permukaan pizza dengan garpu agar tidak menggelembung waktu dipanggang.
- Panaskan oven selama kurang lebih 1o menit memanggang pizza
- Olesi pizza dengan saos bolognese secara merata, taburi topping sesuai selera. Panggang di dalam oven dengan api atas bawah sekitar 25 menit

Kalau untuk topping pizza-nya saya make jagung manis, jamur kancing, bawang bombay dan sosis daging. Pokoknya apa yang ada dikulkaslah hehehe… Tapi alhamdulillah setelah masak pizza-nya cepat banget habisnya. Di coba ya :)

ibnu
Devimairani.blogspot.com2(Photo: Dok.Pribadi)


Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014