9 April 2016

Gulai Aceh

9 April 2016
 
Assalamualaikum… Wihhh udah lama banget ya kayanya blog ini ga saya up date. Kalau diibaratkan sebuah rumah, rumahnya sudah penuh dengan pohon-pohon liar dan ilalang sangkin ga terurusnya (hiperbola banget hehehe…)
 
Ga terasa sudah setahunan saya ga ngelihat blog ini berhubung sekarang repot karena banyak kegiatan (alasan). Ditambah lagi sekarang kan sudah punya suami (ehem ehem) jadi kesibukannya juga makin bertambah… Hmm ga tau juga sih ya sibuk atau sok sibuk gitu hehehe…
 
Tapi kali ini saya bukan mau cerita tentang sibuknya saya ngurus suami ya, atau mungkin cerita tentang pernikahan saya yang banyak ngagetin teman-teman karena mereka ga pernah liat saya dekat ama cowok. Ntar lain kali deh ceritanya ya ^_^
 
Kali ini saya pengen berbagi resep gulai Aceh yang selalu bikin saya kalap makan setiap membuatnya. Mulai dari wangi rempah-rempahnya dan rasanya yang pedas dan rada asam-asam gurih membuat saya rela makan nasinya nambah-nambah, benar-benar saya lupakan diet saya sejenak hahaha…
 
DSC00001(Photo: Dok. Pribadi)

Oia, untuk membuat gulai Aceh ini diperlukan beberapa bahan seperti daun kari dan asam sunti. Alhamdulillah-nya saya punya pohon kari dan selalu punya stock asam sunti, jadi tinggal memasaknya saja.
 
Buat orang yang kurang tahu tentang asam sunti karena jarang didengar sebenarnya asam sunti ini adalah asam belimbing yang sudah ditaburi garam dan dijemur sampai benar-benar kering. Jadi asam sunti ini bisa dibuat sendiri kok, dan membuatnya pun tidaklah susah. Insya Allah, lain waktu saya tunjukin proses pembuatannya…
 
 Nah, ini dia ya resep Gulai Aceh-nya, silakan dicoba ^_^
 
  Bahan I:
1 kg ikan tongkol sisik, potong 3 cm
3 sdm minyak, untuk menumis
600 ml air, atau secukupnya
 
  Bahan II:
2 lembar daun pandan
5 lembar daun kari
5 butir cengkeh
3 butir kapulaga
1 buah bunga lawang
 
  Bahan III (dihaluskan):
10 buah cabai merah
15 buah cabai rawit merah (atau sesuaikan dengan selera)
10 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 cm jahe
20 buah asam sunti
1 sdt jintan
3 sdt ketumbar
4 buah kemiri
 
Cara membuat:
Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu II sampai wangi lalu masukkan bumbu III. Aduk secara rata sampai matang dan mengeluarkan minyak. Masukkan ikan tongkol dan ratakan/aduk dengan bumbu sekitar 5 menit lalu masukkan air. Kembali aduk rata dan masak sampai ikan matang dan air menyusut. Jangan lupa diberi garam sesuai selera. Angkat dan sajikan. Gulai Aceh ini enak sekali disajikan dengan nasi putih hangat.
 

DSC00003(Photo: Dok. Pribadi)

Selamat mencoba :)


Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014