11 Oktober 2016

Teman Ngaji

11 Oktober 2016

 

Setelah saya menikah, salah satu yang sering Aya ingatkan ke saya adalah agar saya mengikuti pengajian. Buat nge-charge iman saya katanya. Karena menurutnya lagi, kami (saya dan Aya) butuh ilmu yang banyak dalam mengarungi rumah tangga kami (*cihuy banget ya bahasanya hahaha) Dan Aya ngerasa ilmu yang paling penting untuk mengarungi bahtera rumah tangga kami itu ga cuma ilmu dunia aja, tapi yang lebih penting lagi menurutnya adalah ilmu agama.

 

Dalam hal itu saya setuju banget dengan Aya, dunia penting dan akhirat juga lebih penting. Kita kan ga selamanya hidup di dunia kan? Jadi ikut pengajian itu OK OK aja menurut saya. Lagian sebelum saya menikah saya juga pernah ikut pengajian kok, walaupun akhirnya berhenti karena kesibukan masing-masing anggotanya. Tapi ga tau juga kenapa kalau sekarang alasannya bukan sibuk lagi, tapi malas hehehe >:))

 

devimairani.blogspot.com 23

 

Berhubung kalau saya bukan istri yang mudah langsung nurut kalau Aya ngomong, maka seperti biasa saya ngeles buat alasan ke Aya (*tidak untuk ditiru ya pemirsah hehehe) Biasanya jawaban saya "ntar..." "nanti..." "ihhh ga ada teman ngaji" dan bla bla bla... Semakin Aya ngingatin semakin saya cari alasan. Saya ngaku lah dalam hal ini saya ga pantas buat dijadiin contoh hehehe…

 

Alasan saya itu sebenarnya beralasan (menurut saya sih ya hehehe… ), karena saya pikir walaupun ga ikut pengajian/liqo kaya begitu tapi saya selalu menyempatkan diri mendengarkan tausiyah dari internet. Bahkan sering kali saya sengaja men-save tausiyah yang saya dengar dari internet itu untuk kemudian saya dengarkan kembali, hampir tiap hari malah. Misalnya pas saya lagi masak…

 

Tapi ketika saya bilangnya begitu ke Aya, Aya ga mau dengar ngeles-nya saya. Aya ga mau kalau saya cuma dengar dari internet. Saya tetap harus ikut pengajian. Biar saya bersosialisasi katanya, karena menurutnya lagi saya ini agak kuper alias ga gaol hahaha... Dengan ikut pengajian selain bisa dapat ilmu saya juga bisa dapat teman. Bisa berinteraksi dan bersosialisasi meski terkadang saya suka merasa saya ga makhluk sosial juga sih…

 

Akhirnya setelah di"marahin" trus saya memutuskan untuk mengikuti pengajian yang ibu saya ikuti. Alasannya biar saya ada teman kalau pergi bareng ke pengajian. Dan satu lagi pengajian yang ibu saya yang saya ikutin ini bukan pengajian emak-emak rempong (*sumvah ya, saya tuh paling males ngikutin pengajian yang ada ibu-ibu hebringnya). Jadi, pengajian yang saya ikutin ini adalah pengajian ibu-ibu yang sudah tua-tua, rata-rata yang ikut ngaji berusia 60-an ke atas. Dan yang ikut pengajian ini ga banyak, hanya sekitar 10 an orang saja. Cocok kayaknya :)

 

Awalnya saya mikir karena ini adalah pengajian orang-orang tua maka ini adalah pengajian searah doang. Tapi ternyata eh ternyata saya salah total coey. Dari yang saya lihat dan saya perhatikan walaupun ibu-ibu yang ikut pengajian sudah tua-tua tapi semangat mereka luar biasa untuk belajar ilmu agama. Ibu-ibu pengajian banyak bertanya di setiap sesi tanya jawab dengan ustadz. Ada juga yang bawa pulpen dan catatan untuk mencatat poin-poin penting yang disampaikan sama ustadz pengajar. Wow buat saya itu "sesuatu" banget loh untuk orang-orang tua usia 60-tahuan-an ke atas. Niat belajar mereka itu loh, warbiyasah...

 

Jujur kadang saya jadi malu sendiri melihat ghiroh ibu-ibu itu untuk belajar agama, padahal mereka sudah tua-tua dan jauhhhhh banget usianya di atas saya. Apalagi dari cerita ibu-ibu pengajian itu mereka ada mengikuti 3-4 pengajian tiap minggunya. Sementara saya buat mengikuti pengajian seminggu sekali aja males-malesan >:) (eeee malunya sayah)Saya yang beda jauh usianya dari ibu-ibu tersebut kadang masih malas-malasan untuk mengikuti pengajian yang seminggu sekali saya ikuti, satu tempat pula. Tapi ibu-ibu tersebut masih begitu semangatnya untuk belajar…

 

Mungkin saya harus banyak belajar ya dari ibu-ibu teman pengajian saya. Biar saya semakin semangat. Soalnya seperti yang Aya bilang, saya harus banyak belajar agama untuk bekal hidup saya, biar ga tersesat. Ahhh doakan saya ya semoga saya selalu bisa menghilangkan rasa malas saya. Karena ilmu ini penting banget, penting!

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014