19 September 2016

Tauco

19 September 2016

 

Bismillah

 

IMG_1737

 

Salah satu yang saya syukuri dari Aya adalah Aya yang sangat mudah beradaptasi dengan masakan baru. Dan senangnya lagi setiap masakan baru yang Aya makan selalu dibilang enak ama beliau. Ga ngerti ya emang beneran enak, karena bersyukur atau biar menjaga perasaan haha… Mau itu masakan yang saya masak sendiri atau setiap makanan yang kita beli disaat makan di luar. Pokoknya buat Aya makanan itu cuma ada dua, Enak dan Enak Sekali!!!

 

Karena itu saya jadi ga merasa bersalah setiap mau masak makanan dari daerah saya Medan. Karena walaupun masakan yang saya masak itu pedas pedas sekali pun Aya pasti mau memakannya. Padahal dari keluarganya Aya ga terbiasa makan makanan pedas karena Aya dari Semarang, Jawa Tengah. Tapi begitu menikah dengan saya Aya harus menerima masakan yang pedas banget, sampe diawal nikah dulu Aya langsung kena panas dalam yang parah =)

 

IMG_1739

 

Alhamdulillah sekarang udah terbiasa, walaupun masih belum terlalu bisa merasakan makanan pedas versi saya yang lumayan ekstrem =) Tapi alhamdulillah-lah udah jauh banget kalau dibandingin dulu awal nikah…

 

Termasuk ketika saya masak tauco ini, Aya suka tapi Aya kepedasan banget (kasian ya) =D Tapi meski kepedasan begitu Aya sering request masakan tauco ini ke saya. Untuk masak tauco ini bisa memakai ikan, udang, atau kerang, ya macam macamlah. Berhubung saya ada punya stock telur puyuh, ya sudah langsung saya buat tauco telur puyuh saja. Buat yang pengen mencoba, silakan dicoba ya =)

 

Bahan:

15 buah telur puyuh, rebus lalu dikupas dan digoreng sampai berkulit

100 gr cabe hijau, iris sering

5 buah bawang merah, iris

2 buah bawang putih, iris

1 cm jahe, keprek

3 cm lengkuas, keprek

2 buah daun salam

 

Bumbu yang dihaluskan/blender:

8 buah cabe merah

3 buah bawang merah

2 buah bawang putih

1-1.5 sdm tauco Medan

 

Cara membuat:

Panaskan 3 sdm minyak, lalu tumiskan bawang merah, bawang putih sampai harum. Setelah harus dan setengah matang masukkan cabe hijau, jahe, lengkuas dan daun salam dan tumis sampai sampai cabe hijau setengah layu. Setelah itu masukkan bumbu halus, aduk merata. Tambahkan 1 1/2 gelas air matang dan masukkan juga telur puyuh yang sudah digoreng kering tadi. Beri garam dan gula (saya pake gula merah) lalu masak sampai kuah menyusut. Cicipi rasa sampai sesuai, lalu angkat dan hidangkan.

 

Kalau saya, setiap masak tauco Medan saya selalu memakannya dengan nasi hangat dan ikan asin. Dan onde mande rasanya enak bana hahaha… Mau tau rasanya? dicoba ya =)

 

IMG_1740

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014