12 November 2016

Eclair aka Kue Sus

12 November 2016

 

Bismillah

 

Biasanya kalau sore hari, saya dan Aya sering banget duduk duduk cantik diteras depan rumah kami. Biasanya kita ngobrol ngobrol, mulai dari agama, politik bahkan hal hal yang ga terlalu penting juga dibahas =) dan biasanya selalu sambil ngeteh. Karena bosan kalau cuma ngeteh aja, saya pun mikir untuk buat cemilan biar ntar ngobrolnya tambah seru. Berhubung kalau saya suka banget ama eclair makanya kali ini saya pun ingin membuatnya. Apalagi ibu saya juga suka banget ama kue ini, kalau Aya sih jangan ditanya ya =)

 

Untuk kali ini saya ga bikin eclair yang seperti biasa saya buat, tapi eclair yang saya buat kali ini saya ingin memberikan toping di atasnya. Memang eclair yang model ini yang paling saya suka tapi berhubung dulu saya blom bisa membuatnya maka saya lebih sering bikin eclair yang polos. Tapi untuk kali ini saya udah ketemu resepnya maka sekarang saya ingin membuat eclair yang ada topingnya. So, ini eclair pertama saya yang pake toping, alhamdulillah saya sukses membuatnya =)

 

IMAGE 213(Photo: Dok. Pribadi)

 

Pada dasarnya resepnya sama aja sama resep resep sebelumnya (saya selalu pake resep ncc ya untuk adonan kulit dan vla-nya), yang membedakan ya itu tadi, cuma ditopingnya saja. Buat yang ingin mencoba silakan ya dicoba:

 

Kue Sus Crunchy

Bahan Kulit:

225 ml        air
100 gr        margarin
1 sdm         gula pasir
125 gr        tepung terigu protein tinggi
4 btr           telur

Cara membuat:

  1. Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
  2. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga kalis, angkat, dinginkan.
  3. Setelah dingin, masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer hingga kental dan rata. Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah dioles margarin.

Toping:

30 gr terigu

30 gr gula halus

30 mentega

1 sdt air

Cara membuat:

Kesemua bahan toping dimixer sampai benar benar tercampur rata, setelah itu masukkan ke dalam plastik segitiga yang ujung sudah digunting kecil. Lalu semprotkan ke atas adonan dengan cara melingkar kemudian panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 derajat Celsius) hingga mengembang, kokoh dan tidak ada lagi buih-buih margarin lagi di permukaannya.

Bahan Vla:

700 cc        susu cair
150 gr        gula pasir
50 gr          tepung maizena
¼ sdt          garam
2 btr           kuning telur
1 sdm         mentega

Cara membuat:

  1. Cairkan maizena dengan sebagian susu, sisihkan. Kocok lepas kuning telur, cairkan dengan sedikit susu, satukan dengan cairan maizena, sisihkan.
  2. Rebus susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran maizena, didihkan sekali lagi hingga meletup-letup. Angkat. Panas-panas, masukkan 1 sdm mentega, aduk rata. Tutup permukaan vla dengan plastik agar vla tidak “berkulit”, biarkan hingga dingin.

Penyelesaian:

  1. Sobek atau gunting sedikit setiap kulit sus.
  2. Masukkan vla kedalam plastik segitiga, isikan pada kulit.

 

IMAGE 212

 

Nah itu dia cara membuat kue sus crunchy ala saya, emang rada ribet ya tapi insya Allah sebanding kok dengan rasanya hehehe… Aya dan saya aja langsung habis sepuluh sus sekalian hahaha, sampai kita bingung sendiri ini kita emang doyan atau lagi lapar =D. Buat kalian yang ingin mencobanya silakan dicoba ya, dijamin nangih =D

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014