16 Mei 2016

Brownies Pandan Keju ala Nyonya Liem

16 Mei 2016

Bismillah…


Saya sangat menyukai cemilan brownies, sangkin sukanya saya sering minta dibeliin brownies sama keluarga saya sebagai oleh-oleh kalau saudara saya ke luar kota. Tapi alhamdulillah setelah sekarang saya bisa memasak dan baking membaking, saya malah lebih rajin membuatnya sendiri. Selain lebih hemat, saya juga merasa dengan membuat sendiri saya lebih mengetahui bahan-bahan dan kwalitas bahan makanan yang saya konsumsi. Jadi lebih aman ya…


Nah, kali ini karena saya udah sering banget buat brownies yang biasa alias yang coklat, kali ini saya ingin membuat brownies pandan keju. Saya penasaran saja dengan rasanya, apa semaknyus yang coklat karena memang saya blom pernah makan brownies yang pandan sekali pun.


DSC01103


Setelah googling, saya memutuskan membuat brownies pandan keju ala nyonya Liem. Kenapa nyonya Liem? karena menurut saya resep-resep nyonya Liem itu anti gagal, dan enak rasanya. Dan ternyata memang benar, setelah jadi brownies pandan keju ini enak dan lembut. Selain itu manisnya pas, jempol buat rasanya :)
Oke tanpa panjang lebar ini dia resepnya:


 Bahan A:
  • 225 gram gula pasir
  • 6 butir telur
  • 1 sdt cake emulsifier
  • 1/2 sdt vanili bubuk (optional)

Bahan B (diayak):
  • 125 gram tepung terigu segitiga
  • 50 gram susu bubuk
  • 3/4 sdt baking powder (optional)

Bahan C (cairkan):
  • 175 gram mentega (cairkan)
  • 1 sdm pasta pandan
  • 2 sdm SKM putih

Pelengkap/hiasan:
  • 75 gram keju cheddar (parut)
  • Buttercream siap pakai secukupnya
  • cherry hijau atau merah untuk hiasan

Cara membuat:
  1. Aduk bahan A sampai adonan mengental.
  2. Tuangkan bahan B ke dalam adonan. Aduk kembali sampai adonan tercampur rata.
  3. Masukkan bahan C, aduk kembali sampai berubah warna.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan.
  5. Kukus adonan brownies pandan selama 20 menit.
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak. Oleskan kue brownies pandan ini dengan buttercream secara merata. Kemudian taburkan keju parut diatasnya. Taruh ceri sebagai hiasan diatasnya.


Ok, selamat mencoba ya :)


Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014