13 Februari 2015

Bolu Kukus

13 Februari 2015
Bismillah… Sebenarnya aku membuat bolu kukus ini sudah beberapa waktu yang lalu ya, hanya saja baru sekarang bisa diposting. Ceritanya aku kan ikut bergabung di group masak-memasak di facebook, trus aku melihat para senior yang sudah berpengalaman di bidang permasakan (heh? bahasa apa ini??) ngebahas tentang bolu kukus… Ntah kenapa aku jadi ingin juga membuatnya.


Sebelumnya aku sudah pernah juga membuat bolu kukus ini, tapi udah lama banget dan… Gagal!!! :D Waktu itu jadi mikir, ternyata membuat bolu kukus itu ga segampang memakannya ya :) Dan semenjak itu pun aku sudah nggak pernah mau membuatnya lagi. Jadi biasanya kalau lagi pengen bolu kukus aku langsung pergi ke toko kue dan beli yang sudah jadi saja.


Tapi kali ini aku ingin kembali mencoba membuat bolu kukus. Ya semoga saja berhasil ya. Apalagi aku sudah lumayan dapat banyak tips dan masukan dari ibu-ibu di group yang sudah expert membuat bolu kukusnya. Jadi aku berharap banget bisa sukses. Makasih banyak ya buat ibu-ibu, mba’-mba dan om-om yang sudah memberikan semangat dan tips-tipsnya. Maaf ya ga bisa disebutin satu persatu… Hmm kok jadi kaya ajang penerimaan Oscar :D


Akhirnya setelah membaca-baca resep, aku pun memberanikan diri untuk mencoba membuat bolu kukus sendiri… Dan alhamdulillah, BERHASIL… BERHASIL… BERHASIL… Senang sekali rasanya lepas dari “kutukan” bolu kukus :D


Bolu Kukus(Photo: Dok. Pribadi)


Buat yang ingin mencoba, silakan saja dicoba ya, ini resepnya… Untuk awalnya aku sarankan membuatnya sedikit dulu, ya untuk menimalisir segala kemungkinan terburuk gitu deh :D


Bahan:
1 butir telur
100 gr tepung terigu
60 gr gula pasir, atau sesuai selera
70 ml air soda (Sprite)
1 gr sp
pewarna bila diinginkan


Cara membuat:

Masukkan dan kocok semua bahan kecuali sp sekitar 5 menit, lalu setelah tercampur rata masukkan sp dan kocok kembali sekitar 5 menit lagi atau sampai mengental. Bagi adonan dan beri pewarna lalu isikan penuh ke dalam cup (ini gunanya agar bolu kukus bisa merekah sempurna) lalu kukus sekitar 10 menit lalu angkat.


Tips Bolu Kukus Merekah

* Kukusan harus benar-benar panas ya. Artinya sebelum memasukkan adonan ke dalam kukusan, kukusan harus dipanaskan terlebih dahulu sampai uap dikukusan banyak, sekitar +/- 15 menit.


* Api yang digunakan ketika mengukus adalah api besar.


* Alasi tutup kukusan dengan kain serbet, gunanya agar adonan yang dikukus tidak terkena uap air yang bisa bikin bolu kukusnya bantat.


* Ketika proses mengukus, tutup kukusan tidak boleh dibuka-buka ya. Ini gunanya juga biar bolu kukusnya ga bantat. Di sarankan pakai kukusan yang tutupnya terbuat dari kaca biar gampang ngeliatnya.


Insha Allah kalau semua step-step dilakukan maka bolu kukusnya juga bisa tertawa. Selamat mencoba ya ;)

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014