10 Oktober 2014

Cantik itu…

10 Oktober 2014
Bismillah… Siapa yang ingin terlihat cantik? Hayooo angkat tangannya =D… Rasanya semua wanita ingin terlihat cantik ya? Ya, ya, ya… Wajar aja sih, karena cantik kan memang dambaan setiap wanita (*termasuk sayah)          


Tak jarang wanita berlomba-lomba untuk menjadi yang tercantik. Tak peduli berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Make up, perawatan dan segala pernak pernik kecantikan begitu menjadi perhatian yang lebih bagi wanita (kaya’nya ini rada2X aku juga sih ihiksss…)


Sampai-sampai banyak sekali kontes-kontes kecantikan yang diadakan, tidak hanya di luar negri tapi juga di dalam negri. Dan katanya banyak wanita cantik yang mengikuti, padahal kan cantik ga’ ada parameternya, cantik itu relatif!!! 



************


Beautiful3[1](sumber: Internet)


Yup, pernah ga’ sih kita sadari ternyata memang cantik itu ga’ ada ukuran pastinya. Ada yang bilang kulit putih mulus itu cantik, tapi ga’ sedikit juga yang bilang kalo kulit eksotis hitam manis itu yang cantik. Dan jujur aja ya, aku juga ga’ punya patokan jelas tentang wanita cantik. Karena memang menurutku semua wanita itu cantik ;) 


Rasanya begitu juga dengan kontes-kontes-an tersebut, walaupun menurut mereka cantik harus memiliki beauty, behaviour dan brain tapi tetap aja parameter yang dijadikan patokan ga’ jelas. Kenapa ga’ jelas? karena menurutku ketiga hal itu bersifat relatif! Tergantung dari penilaian masing-masing personal dan pastinya itu ga’ akan pernah sama. Betul ga’? ;)


images (3)[1](sumber: Internet)


Yang adanya secara ga’ langsung wanita-wanita cantik itu sudah menjadi tontonan bagi khalayak umum. Apalagi seringkali yang dipertontonkan itu ga’ hanya wajah tapi juga sebagian anggota tubuh yang seharusnya ditutupi =(( (*istigfar)


Tambah sedih lagi ternyata banyak wanita yang tidak menyadari hal itu atau mungkin juga pura-pura tidak sadar. Malah tak jarang sebahagian wanita menjadi bangga dan menjadikan kecantikan sebagai obsesi, tak peduli apakah hal yang dilakukannya tersebut halal atau haram (khususnya buat wanita yang muslimah ya…)    


Padahal tampil cantik di setiap tempat dan mengumbarnya akan mengundang kegembiraan setan loh (serem yakkk?…)  Selain itu kecantikan yang terlalu dipertontonkan akan mendatangkan fitnah dan bencana, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga bagi orang lain yang melihat.


gambar-kartun-muslimah-555x530[1](sumber: Internet)


Udah sering banget kan zaman sekarang ini kita dengar tentang terjadinya tindakan asusila kaya’ rape case dan pelecehan seksual *sedih. Memang sih, ga selamanya salah di wanita ya, tapi sebaiknya sebagai seorang wanita muslim kita harus lebih intropeksi dan berhati-hati dalam hal ini. Seperti di dalam sebuah hadist, Rasulullah Saw sudah mengingatkan: “Tidaklah aku tinggalkan setelahku fitnah (ujian/godaan) yang lebih dahsyat bagi para lelaki selain fitnah wanita” (HR Muttafaqun ‘alaih)


Bagi seorang muslimah, kecantikan tidaklah hanya tentang FISIK semata melainkan keimanan dan keindahan akhlak. Yakin deh, wanita yang cantik akhlaknya lebih diminati daripada wanita yang hanya cantik fisiknya.


Oleh karena itu, seorang muslimah seharusnya akan lebih menyibukkan diri dengan hal-hal yang lebih penting, yaitu hal-hal yang dapat meningkatkan imannya dan terus memperbaiki dirinya.
Tanpa menafikan sifat kewanitaannya, seorang muslimah harus mampu menilai kecantikan adalah karunia yang diberikan Allah kepada mereka, sama seperti jiwa raga, kesehatan, kelapangan rejeki dll.


Sehingga dengan semua yang telah diberikan, seorang muslimah akan menggunakan semua karunia itu dengan penuh rasa syukur dan mengharap ridho Allah. Ya, misalnya dengan tidak terlalu mempertontonkan kecantikannya secara umum sehingga dengan hal itu terjagalah kehormatannya.


Apalagi kalau sampai berhias dan bergaya mengikuti orang-orang kafir (na’uzubillah) Allah dengan tegas melarang hal itu. Dalam sebuah ayat, Allah berfirman: “... dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu ” (QS Al Ahzab:33)



what-makes-you-beautiful[1](sumber: Internet)


Dengan adanya ayat ini seorang muslimah diminta untuk tidak mengikuti fashion yang dilarang oleh agama, contohnya jilbab gaul atau jilbab punuk unta. Selain itu seorang muslimah diharapkan untuk tidak terlalu tenggelam ke dalam hal-hal mubah.


Karena waktu yang masih tersisa lebih baik diisi dengan amal sholeh untuk bekal di akhirat nanti (*ingat ini wahai diriku) Yaitu dengan mempersiapkan bekal untuk bertemu Rabb-nya dan mengekang hawa nafsu, serta hanya mengambil bahagian dunia seperlunya saja.


Karena seorang muslimah menyadari ada akhirat tempat kembali yang sesungguhnya. Dan Allah akan meminta per-tanggungjawaban atas setiap karunia yang diberikan kepada kita semua ketika di dunia.  Apakah karunia yang diberikan disyukuri dengan melakukan ketaatan, atau malah digunakan untuk melakukan kedurhakaan.


Harapanku, semoga Allah Swt memberikan kemudahan kepada semua muslimah agar dapat mentaati segala yang diperintahkan dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Dan semoga pula Allah Swt memberikan ke-istiqomah-an dalam beribadah dan beramal sholeh untuk kita semua. Aamiin Allahuma aamiin…


Menutip dari Surah Al’Ashr

“(1)Demi masa (2)Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (3)Kecuali orang-orang yang beriman dan nasehat dan menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati dalam kebenaran”


Semoga bermamfaat ya,
Love You All


Note:

Tulisan ini sengaja aku tulis untuk mengingatkan diri sendiri yang belakangan ini sudah terlalu banyak lalai dan khilaf, sama sekali tidak ada maksud untuk menghakimi induvidu atau kelompok tertentu. Mohon maaf ya bila ada yang kurang berkenan #peace :D



Semua gambar ditulisan ini di ambil dari internet, maaf juga ya ga’ bisa menyebutkan link-nya satu per satu *ga paham caranya, ada yang mau ngajari? \(^o^)/

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014