18 Agustus 2014

Semangat Berhijab Syar’i

18 Agustus 2014
Sejak setahun lalu keinginan untuk bisa memakai hijab yang syar’i sudah begitu kuat di hatiku, tapi entah kenapa ada saja kendala dan halangannya. Yang karena takut ga’ istiqomahlah, takut ga’ bisa lincahlah, sampe mikir blom punya banyak stock baju gamis. Aneh banget kan alasannya. Alasan yang dibuat-buat! Dan alasan itu sepertinya cuma alasan ga’ jelas yang ngebuat aku nge-excuse niat baikku. Padahal hatiku sudah berkali2X meronta (wowww bahasaku) =)) meminta untuk dilaksanakan.



Memang, sejak awal dulu pake jilbab pun aku ga’ pernah mau berpakaian yang  ketat-ketat, alasannya? aku suka risih kalo berpakaian seperti itu. Kaya jadi perhatian orang lain, padahal ga’ ada juga orang lain yang merhatiin x))



Sedangkan untuk jilbabnya, aku  juga ga pernah make jilbab yang neko-neko, dari dulu ya gitu-gitu aja, model jilbab paris segiempat, ga’ pernah di model2Xin karena aku suka merasa aneh tiap kali aku ngerubah model jilbabku. Poko’nya  semuanya serba biasalah ^^


Tapi seiring waktu, aku pun ingin memakai hijab yang sebenarnya, hijab syar’i seperti yang sudah dijelaskan di dalam Al-Qur’an. “Wahai Nabi, katakanlah kepada kepada istri-istrimu dan anak-anak perempuanmu, dan istri-istri kaum mukminin, hendaknya mereka memanjangkan jilbab mereka ke seluruh tubuh. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, dan karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab:59)






Jadi aku merasa jilbab yang kupakai ini blom masuk kategori jilbab syar’i (tapi juga bukan jilbab gaul loh ya) (--") seperti yang dijelaskan oleh ayat di atas. Jilbab yang ku pake ini blom seperti akhwat2X gitu, cuma jilbab STD (dibaca: standart) kalo ku bilang…



Aku sering banget ngiri kalo ngeliat akhwat-akhwat yang memakai hijab yang syar’i, yang ada dipikiranku, kapan aku bisa kaya mereka? Kalo pas berpapasan dengan mereka pasti aku merhatiin, menurutku mereka itu anggun banget. Aku suka senyum2Xin mereka, berharap satu hari nanti aku juga bisa berhijab kaya mereka (lah, apa hubungannya coba?) Tapi walaupun senyum-senyum gitu, sebenarnya hatiku terluka loh (senyum dalam luka ceritanya jiaaahhhhh) =)) aku merasa imanku tak sebaik akhwat-akhwat yang berhijab syar’i itu, itu faktanya – __ –



Mereka itu sepertinya udah bagus banget iman dan takwanya, sementara aku? masih pletang pletong ga’ jelas. Buat mempertahankan hijab yang begini aja aku masih berat, suka ngeluh. Contohnya ya, aku kalo udah di rumah/kamar pasti jadi males keluar lagi karena kalo udah di rumah/kamar aku ga’ make jilbab, padahal kadang ada yang mengharuskan aku untuk keluar rumah. Kalo udah begitu aku jadi suka milih ga’ keluar rumah atau merasa terpaksa make jilbab lagi kalo keluar rumah. Dan ujung-ujungnya aku ngeluh “ribet ya berjilbab?” – _ –



Padahal mamaku udah sering ngasih saran, di rumah tetap harus pake jilbab. Biar ga’ ribet kalo mau keluar rumah atau kalo pas ada tamu yang datang (yang ga’ muhrim) Aku jadi ga’ perlu lari-lari sembunyi gitu =D



Dan biar ringkas berjilbabnya, aku pun udah dibeliin jilbab yang bisa langsung dipake, yang ga’ perlu make2X peniti lagi. Jilbab yang mirip mukena yang dipake saat sholat, hanya lebih kecilan. Tapi meski udah dibeliin beberapa jilbab model begitu, tetap aja aku males makenya, alasanku ya tadi itu, wajahku jadi aneh kalo ga’ pake model jilbab yang segi empat.



Padahal kata mamaku biasa aja, ga’ ada aneh-anehnya juga, tapi tetap aja aku ga’ mau makenya (emang keras kepala ya aku ^^) Dan aku pun masih tetap exist dengan jilbab paris segi empatku meskipun aku di rumah, ga’ kemana-mana…






Karena itulah, di awal-awal tahun ini hal utama yang paling ingin aku lakukan adalah merubah penampilanku untuk berhijab yang lebih syar’i lagi dari sebelumnya. Dengan make jilbab juga di rumah. Mungkin langkah awalnya aku akan membiasakan diri memakai jilbab model mukena itu walaupun aku akan terlihat agak aneh.



Selanjutnya aku akan “mengungsikan” beberapa pakaian kaya’ celana-celana jeans dan atasan yang rada pas di badan. Dan untuk seterus-seterusnya, in shaa Allah aku akan mulai mengganti pakaianku dengan gamis semuanya (mungkin ini perlu waktu juga kali ya, secara perlu biaya juga untuk beli-beli bahan dan ngejahitkannya) Tapi untuk di awal ini aku udah ngejahitkan 3 gamis ke penjahit langgananku, alhamdulillah (--")



Oia, ada cerita juga pas aku mo jahitin gamis ke penjahit langgananku. Penjahitku itu kaya ga’ ngedukung gitu pas tau aku mau buat baju gamis dan mutusin untuk bergamis. Kira-kira begini pembicaraannya:



Aku: “Kak, aku mo jahitin baju, nih?…” (sambil nyodorin bahan)

Kk Penjahit: “Wah banyak… Mo ada acara ya?…”

Aku: “Ahhh nggak ko’ kak… Aku mo mulai pake gamis sekarang. Model gamisnya begini ya kak…” (buka tas, ngambil kertas sketsa gamis yang ku buat)

Kk Penjahit: “Duhhh dek, masih muda, ngapain sih bergamis-gamis, ntar aja kalo udah tua, kalo sekarang kan masih muda. Nanti malah keliatan kaya ibu-ibu loh, ga’ ada yang naksir lagi gimana?”

Aku: “(Glekkk) Emang biar ga’ ada yang naksir kok, Kak” (jawabku cepat dan ngasal, padahal kalo sampe ga’ ada yang naksir gimana aku mo nikah coba? ^^;)


***Dan kakak penjahit langgananku itu pun tertawa dengar jawabanku yang langsung keluar tanpa mikir itu…



Buatku ucapan yang tadi kakak penjahit itu ucapkan ga’ perlu jadi pikiran, apalagi dijadiin pertimbangan, jodoh kan udah ada yang ngatur, ngapain juga terlalu dipusingin. Betul tidak? (Aa Gym mode.on) Lagian apa yang aku lakukan ini semata-mata agar Allah ridho ke aku kok, bukan karena hal-hal lainnya. Dan juga berhijab ini kan memang wajib hukumnya untuk wanita yang udah baligh kaya akyyu. Jadi, ga’ perlu alasan apapun!



Kadang aku rada heran dengar pendapat sebagian orang zaman sekarang (emang aku orang zaman kapan? kok sok2an jadi orang tua gini =)) Kok bisa-bisanya ya ngomong buat baik nunggu udah tua aja. Padahal kan kalo kita mau benar-benar mikir, kita tuh ga’ pernah tau umur kita ini bisa ampe tua atau nggak, gimana coba kalo tiba2X malaikat mautnya ngejemput? kan ga’ mungkin juga nolak atau lari…



Hijab-2[11]

hayo pilih mana? ^^




So, aku merasa sekarang ini udah saatnya buatku untuk patuh, tunduk dan taat melaksanakan perintah Allah. Menjalankan semua yang diperintah-Nya semampuku dan sebaik mungkin. Tidak ada alasan apapun buatku untuk tidak melaksanakannya, lagian hatiku itu loh, udah berkali-kali dia meminta, menasehati dan mengingatkanku akan hal ini (makasih banget ya buat hatiku ^^=) Tak perlulah ada alasan-alasan lagi, just do it!



Akhirnya aku berharap dan berdoa, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan ke-istiqomah-an buatku untuk menjalankan apa yang Dia perintahkan ini. Karena aku percaya, tidak ada yang sulit jika Allah memudahkan dan semoga Allah memberikan kemudahan itu untukku (aamiin)… Doakan aku ya, teman-teman ^^:)




Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014