21 Juni 2014

Ayam Goreng Masak Tomat

21 Juni 2014
Bismillah… Seperti biasa kalau aku lagi ga’ sibuk dan ga’ malas, biasanya aku yang memasak di rumah. Dan karena hari ini aku lagi “mood” aku pun ngomong ke mamaku biar aku saja yang memasak. Sebenarnya mamaku senang banget kalo aku yang masak, apalagi kalo aku lagi rajin begini. Karena biasanya aku bisa betah berjam-jam di dapur dan hasilnya tentu saja hidangan masakan jadi bisa bermacam-macam.


Tapi buatku kalau trus-trusan aku yang masak, biasanya aku yang jadi ga’ selera makan. Biasanya memang begitu, kalau aku yang masak sendiri biasanya aku yang jadi malas makan. Ga’ tau ya alasannya apa, cuma mungkin karena masak sendiri dan udah ngecium bau masakannya buat aku ngerasa langsung kenyang aja. Sebenarnya bagus ya kalau males makan, bisa menghemat beras dan mengurangi berat badan hahaha…


Tapi untuk kali ini aku memang ingin makan, karena udah sekitar empat hari ini aku ga selera makan dan lebih banyak makan roti daripada makan nasi. Jadi sekarang kaya’nya ada rasa kangen gitu. Dan berhubung aku memang suka banget makan olahan ayam, kali ini aku ingin memasak ayam goreng masak tomat.


IMG 257(Photo: Dok.Pribadi)


Sebenarnya bumbunya rada mirip-mirip dengan semur ayam gitu ya, bedanya aku memakai bawang merah, bawang putih dan tomat yang lumayan banyak. So, kalau kamu pengen tau rasanya silakan di coba ya resep di bawah ini. Ini ya resepnya:


Ayam Goreng Masak Tomat


Bahan:

1 kg ayam, potong sesuai selera, lalu beri 2 sdm air jeruk nipis lalu diamkan 15 menit
100 gr bawang merah
10 siung bawang putih
3 buah tomat ukuran sedang
1 sdt merica merica halus
1/4 buah pala
2 buah bunga lawang
1 potong kayu manis
3 sdm kecap manis
1 sdm gula merah yang disisir
3 sdm margarin untuk menumis
gula dan garam secukupnya


Cara membuat:

Goreng ayam sampai masak. Lalu haluskan bawang merah, bawang putih dan tomat. Setelah itu tumis bahan yang dihaluskan tadi sampai harum. Setelah harum masukkan merica, buah pala, kayu manis, bunga lawang, kecap manis dan gula merah. Aduk rata. Selanjutnya masukkan ayam yang sudah digoreng dan gula serta garam. Cicipi rasanya sampai sesuai. Angkat dan sajikan.


DSC008164(Photo: Dok.Pribadi)


Ayam goreng masak tomat ini enak dimakan dengan nasi putih hangat loh, dicoba ya… Selamat makan ;)

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014