11 April 2014

KISAH IBLIS

11 April 2014
KUNJUNGAN IBLIS KEPADA RASULULLAH SAW
Dari Muadz bin Jalal dari Ibn Abbas ra, ketika kami bersama Rasulullah SAW dikediaman seorang sahabat anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah " Wahai penghuni rumah bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan memerlukan aku "
Rasulullah lalu berkata, " Taukah kalian siapa yang memanggil? "
Kami menjawab, " Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu "
Lalu Rasulullah kembali melanjutkan, " Itu iblis, laknat Allah kepadanya "
Umar bin Khattab yang mendengar jawaban dari Rasulullah lalu berkata " Izinkan saya membunuhnya, Wahai Rasulullah? "
Nabi kemudian menahannya, " Sabar wahai Umar, bukankah engkau tahu bahwa Allah SWT memberinya kesempatan hingga hari kiamat kelak? Lebih baik bukakan pintu untuknya karena ia sudah diperintahkan untuk ini. Pahamilah apa yang hendak dia katakan dan dengarkan baik-baik "

Ibn Abbas ra kemudian membukakan pintu, ternyata dia seperti orang yang cacat satu matanya. Di janggutnya ada tujuh helai rambut seperti rambut kuda, taringnya keliatan seperti taring babi, bibirnya seperti bibir sapi.
Berikut ini adalah percakapan antara Rasulullah SAW dan Iblis:
Iblis berkata, " Salam untukmu Muhammad, salam untukmu hadirin "
Nabi menjawab, " Salam hanya milik Allah SWT. Sebagai makhluk terlaknat apa keperluanmu? "
Iblis menjawab, " Wahai Muhammad, aku datang ke sini bukan atas kemauanku, namun karena terpaksa "
" Siapa yang memaksamu" tanya Nabi
Iblis menjawab, " Seorang utusan Allah mendatangiku dan berkata, " Allah SWT memerintahkanmu mendatangi Muhammad sambil menunjukkan diri. Beritahu Muhammad caramu dalam menggoda manusia. Jawablah dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Allah SWT, andai kau berdusata satu kali saja, Allah SWT akan jadikan dirimu debu yang ditiup angin "
IBLIS KETAKUTAN
Iblis ketakutan dengan pertanyaan Nabi Muhammad SAW ketika dipaksa bertemu oleh Allah SWT, dan di bawah ini adalah keseluruhan dari pertanyaan yang harus dijawab oleh makhluk terlaknat itu.
AMALAM YANG MENYAKITI IBLIS
Nabi Muhammad bertanya terkait amalan yang dapat menyakiti Iblis, makhluk yang dilaknat Allah SWT itu,
" Apa yang kau rasakan jika melihat seorang dari umatku hendak sholat? "
Jawab Iblis, " Panas dan gemetar "
Nabi nabi bertanya, " Mengapa? "
Iblis menjawab, " Sebab setiap seorang hamba sujud sekali kepada Allah, maka Allah akan mengangkatnya satu derajat "
Rasulullah bertanya kembali " Jika seorang umatku berpuasa, berhaji dan membaca Al'quran?"
Iblis menjawab, " Tubuhku terasa terikat hingga ia berbuka, aku seperti orang gila dan aku merasa meleleh laksana timah panas diatas api "
Apabila ditanya jika seorang umat Muhammad bersedekah, iblis menjawab ia sama seperti seorang yang dibelah tubuhnya dengan gergaji.
Rasulullah SAW kemudian bertanya mengapa ia merasa seperti itu, lantas Iblis menjawab " Sebab dalam sedekah ada empat keuntungan baginya, yaitu keberkatan dalam hartanya, hidupnya disukai, sedekah itu kelak akan menjadi hijab antara dirinya dan api neraka dan segala macam musibah akan terhalau dari dirinya "
Rasulullah meneruskan pertanyaan, " Apa yang dapat mematahkan pinggangmu? "
Iblis menjawab, " Suara kuda perang di jalan Allah "
Pertanyaan Rasul lagi, " Apa yang dapat melelehkan tubuhmu? "
Jawab Iblis, " Taubat orang yang bertaubat "
Nabi kemudian meneruskan pertanyaan kembali, " Dimanakah engkau menaungi anak-anakmu di musim panas? "
Dan dijawab Iblis " Di bawah kuku manusia "

TENTARA IBLIS
Iblis yang dilaknat Allah SWT akan melakukan berbagai cara untuk menggoda umat Nabi Muhammad kearah kelalaian dan berbagai perkara maksiat lain.
Berikut ini adalah sambungan pertanyaan dan jawaban yang dijawab Iblis,
Rasulullah SAW lalu bersabda, " Segala puji bagi Allah SWT yang membahagiakan umatku dan menyengsarakanmu "
Iblis segera menjawab, " Tidak... tidak. Tidak ada kebahagiaan selama aku hidup hingga hari akhir. Bagaimana engkau berbahagia dengan umatmu sementara aku bisa masuk ke dalam aliran darah mereka tapi mereka tidak bisa melihatku. Demi yang menciptakan diriku dan memberiku kesepatan hingga hari akhir nanti, aku akan menyesatkan mereka semua. Baik yang bodoh maupun yang pintar, yang bisa membaca maupun yang tidak bisa membaca, yang durjana dan yang sholeh, kecuali hamba-hamba Allah yang ikhlas "
Rasulullah lalu bertanya, siapa yang ikhlas menurut hamba Allah yang dilaknat itu, dan Iblis menjawab,
" Tidakkah kau tahu, wahai Muhammad, bahwasanya barang siapa yang menyukai emas dan perak, ia bukan orang yang ikhlas "
" Jika engkau lihat seseorang yang tidak menyukai dinar dan dirham, tidak suka pujian dan sanjungan, aku boleh pastikan bahwa ia seorang yang ikhlas maka aku meninggalkannya "
" Selama seorang hamba masih menyukai harta dan sanjungan dan hatinya terikat dengan kesenangan dunia, ia sangat patuh padaku "
" Tahukau kau Muhammad, aku mempunya 70.000 anak dan setiap anak memiliki 70.000 syaitan "
" Sebahagian ada yang aku tugaskan mengganggu ulama, sebahagian ada yang mengganggu anak muda, sebahagian ada yang mengganggu orang tua, sebahagian ada yang mengganggu wanita tua, sebahagian juga aku tugaskan kepada zahid "
" Aku punya anak yang suka kencing di telinga manusia sehingga ia tidur pada sholat berjama'ah tanpanya, manusia tidak akan mengantuk pada waktu sholat berjamaah "
" Aku punya anak yang suka menabur sesuatu di mata orang yang suka mendengarkan ceramah dari ulama hingga mereka tertidur dan pahalanya terhapus "
" Aku punya anak yang senang berada di lidah manusia. Jika ia melakukan kebajikan maka akan dia ceritakan kepada manusia, maka 99 % pahalanya akan terhapus "
" Pada setiap seorang wanita yang berjalan, anakku dan syaitan duduk di pinggang dan paha lalu menghiasinya agar setiap orang memandangnya. Syaitan juga berkata " Keluarkan tanganmu" lalu ia mengeluarkan tangannya, lalu syaitan menghiasi kukunya "
" Mereka (anak-anak syaitan) selalu menyusuri dan berubah dari satu keadaan ke keadaan lain serta dari satu pintu ke pintu lain untuk menggoda manusia agar manusia terhempas dari keikhlasan dan akhirnya mereka menyembah Allah tanpa rasa ikhlas tapi mereka tidak merasa "
" Tahukah kamu Muhammad bahwa ada rahib yang beribadah kepada Allah selama 70 tahun. Setiap orang sakit yang didoakannya akan sembuh seketika lalu aku menggodanya hingga dia berzina, membunuh dan kufur " terang Iblis kepada Rasulullah.
PENDUSTA SAHABAT IBLIS
Iblis menganggap dirinya lebih mulia daripada manusia dan enggan tunduk kepada nabi Adam tetapi akhirnya dipaksa bertemu pada Nabi Muhammad atas perintah Allah SWT.
Ini adalah sambungan jawaban yang diberikan Iblis dengan pengakuan bagaimana ia menggoda manusia.
" Tahukah kau Muhammad, dusta berasa dari diriku? Aku adalah makhluk pertama yang berdusta. Pendusta adalah sahabatku. Barang siapa bersumpah dengan berdusta, dia kekasihku "
" Tahukah kau Muhammad, aku bersumpah kepada Adam dan Hawa dengan nama Allah bahwa aku benar-benar menasehatinya. Sumpah dusta adalah kegemaranku. Ghibah (gosip) dan Namimah (adu domba) kesenanganku. Kesaksian palsu kegembiraanku "
" Orang yang bersumpah untuk menceraikan istrinya maka ia berada di pinggir dosa walau hanya sekali dan walaupun ia benar "
" Sebab, barang siapa yang membiasakan dengan kata-kata cerai, istrinya menjadi haram baginya. Kemudian ia beranak cucu hingga hari kiamat. Jadi, ia dan semua anak-anak zina masuk neraka hanya dengan satu kata, cerai "
" Wahai Muhammad, umatmu ada yang suka melewatkan sholat. Setiap kali ia hendak berdiri untuk sholat, aku bisikkan padanya waktu masih lama, kamu masih sibuk lalu ia menundanya hingga ia melaksanakan sholat di luar waktu. Maka sholat itu dipukulkan ke wajahnya "
" Jika ia berhasil mengalahkanku, aku biarkan dia sholat. Namun aku bisikkan ke telinganya " Lihat kiri dan kananmu " ia pun menoleh. Pada saat itu aku husapkan tanganku  dan ku cium keningnya serta aku katakan " Sholatmu tidak sah "
Bukankah kau tahu Muhammad, bahwa orang yang banyak menoleh dalam sholatnya akan dipukul "
" Jika ia sholat sendirian, aku suruh ia untuk bergegas. Ia pun sholat seperti ayam yang mematuk beras. Jika berhasil mengalahkanku dan sholat berjama'ah aku ikat lehernya dengan tali sehingga ia mengangkat kepala sebelum imam atau meletakkannya sebelum imam "
" Kamu tahu melakukan itu membatalkan sholat dan wajahnya akan dirubah menjadi keledai. Jika ia mampu mengalahkanku aku tiup hidungnya hingga ia menguap di dalam sholat. Kalau dia tidak menutup mulutnya ketika menguap, syaitan akan masuk ke dalam dirinya dan membuatnya semakin bertambah serakah dan gila dunia. Dan dia pun semakin taat kepadaku "
" Kebahagiaan apa untukmu sedang aku memerintahkan orang miskin untuk meninggalkan sholat. Aku katakan padanya " Kamu tidak wajib sholat, sholat hanya wajib untuk orang yang berkemampuan dan sehat. Orang sakit dan miskin tidak wajib dan jika kehidupanmu telah berubah barulah kau sholat " Lalu ia meninggal dalam kekafiran. Jika ia mati sambil meninggalkan sholat maka Allah akan menemuinya dalam kemurkaan "
" Wahai Muhammad, jika aku berdusta maka Allah akan menjadikan aku debu. Wahai Muhammad, apakah kau gembira akan umatmu padahal aku mengeluarkan seperenam mereka dari Islam? " kata Iblis.
Itulah cara yang digunakan Iblis untuk menggoda manusia dan menjadikannya tunggangan di akhirat kelak. Umat diminta untuk bermuhasah dan memikirkan kembali apa yang harus dilakukan agar setiap ibadahnya dapat dijalankan dengan khusyu' dan ikhlas untuk mendapatkan ganjaran hanya dari Allah SWT dan bukannya sesama manusia.
Wallahu'alam
Note: Dikutip dari blog Hijrah Huzaifah dengan beberapa penambahan dan pengurangan































































Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014