23 Februari 2014

Mie Goreng Jawa

23 Februari 2014
Bismillah… Ceritanya tadi aku pas ngeliat-liat photo masakan mie goreng jawa di blognya Mba’ Diah Didi, ehh trus aku kok jadi lafar dan pengen makan. Ya sudah, aku langsung deh ke dapur. Syukurnya bahan utama buat mie gorengnya ada, tapi sayangnya ada beberapa bahan tambahan yang aku ga’ punya. Tak apa, bikin yang mirip-mirip aja pun ok lah ya x))


Jadi, resep mie goreng jawa punyaku ini ga’ semuanya sama dengan resepnya mba’ Diah Didi ya, cuma mirip! :D karena ada bahan yang aku tambahin dan yang aku kurangi, tapi walaupun resepnya ga’ sama, kata sepupuku rasanya ueeenak… Alhamdulillahhh :)


Mie Goreng Jawa


Oche, ini dia resep Mie Goreng Jawa ala mba’ Diah Didi yang aku modifikasi dikit (moga-moga mba’ Diah Didi nya ga’ marah resepnya aku otak-atik) x))


Yang Disediain:

◘ 100 gr mie kering, rebus hingga matang, tiriskan lalu berikan minyak makan satu sendok, aduk, gunanya biar mie ga’ menggumpal
◘ 5 buah bakso sapi, belah dua
◘ 3 buah sosis sapi, potong serong
◘ 1 potong ayam digoreng dan disuwir-suwir
◘ 1 butir telur, buat orak arik
◘ 2 sdm kecap manis
◘ 1 gelas air kaldu
◘ 3 lembar kol, iris kasar
◘ 1 buah wortel, iris tipis
◘ seledri cincang dan bawang goreng secukupnya
◘ garam, kaldu bubuk dan merica bubuk secukupnya


Sementara itu, jangan sampe lupa disiapin juga bumbu-bumbu halusnya, seperti: 2 siung bawang putih, 3 buah bawang merah, 2 buah kemiri dan 1 sdm ebi sangrai.


Mie Goreng Jawa (2)


Cara memasaknya:

Tumis bumbu halus sampai harum (jangan sampe gosong ya x)) masukkan bakso, daging ayam, wortel dan kol. Lalu diaduk-aduk sampai sayurannya layu, setelah sayuran layu, tuangkan air kaldunya. Setelah air kaldu dituang, masukkan mie dan semua bumbu lainnya, kaya’ kecap, garam, kaldu bubuk dan merica bubuk. Dirasain hingga pas rasanya ya, jangan keasinan tapi jangan juga ga’ ada rasa. Setelah rasanya sesuai, mie boleh diangkat dan siap disantap


Nah, begitulah resep Mie Goreng Jawa ala modifikasi Devi, silakan dicoba dan semoga bermamfaat ya. Yuks, mari makan ;)


Mie Goreng

Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014