27 Februari 2014

Keutamaan Dan Faedah Mengucapkan Salam

27 Februari 2014
10724664_326968877486008_194377077_a(Sumber: Internet)

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita umatnya untuk selalu menyebarkan salam kepada saudara dan sahabat Muslim. Namun, tahukah kita, mengapa Rasulullah mengajarkan demikian? Ternyata, ucapan salam memiliki keutamaan dan faedah apabila kita mengucapkannya.


Di antara keutamaan dan faedah mengucapkan salam adalah sebagai berikut:

1. Keutamaan dan faedah salam yang paling tinggi adalah sebagai wujud pelaksanaan segala perintah Allah karena ia merupakan tujuan kebahagiaan manusia, baik di dunia maupun di akhirat. Firman Allah SWT: “Apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada penghuninya yang berarti memberi (salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah yang diberi berkah lagi baik” (QS an-Nur:61) 


2. Penyebaran asma Allah di antara manusia dan menghidupkan sunah Nabi kita, Muhammad SAW


3. Menyebarkan salam merupakan sebagian dari sifat-sifat malaikat al-Muqarrabin (yang dekat kepada Allah) dan merupakan sifat para kekasih Allah yang bertakwa. Allah SWT berfirman, “Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? (Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan ‘Salaman’, Ibrahim menjawab, ‘Salamun’ (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal” (QS adz-Dzariyat:24-25)


4. Sesungguhnya salam merupakan salah satu cara untuk menyatukan orang-orang Muslim, menyebarkan kasih sayang di antara mereka dan menghilangkan rasa permusuhan serta kebencian di hati-hati mereka. Dengan demikian salam merupakan sebuah kunci yang bisa membukakan pintu hati manusia. Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “Demi Dzat yang jiwaku ada pada genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga kecuali beriman dan tidak akan beriman kecuali saling mencintai. Tidakkah kalian ingin aku tunjukkan pada sesuatu yang jika engkau kerjakan, kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kamu sekalian” (HR Muslim)



5. Salam adalah sebagian dari unsur yang dapat menyempurnakan keimanan. Dari Umar bin Yasir ra, beliau berkata “Terdapat tiga perkara yang siapa saja dapat mengumpulkan ketiganya, sungguh sudah sempurnalah imannya. Bersikap adil pada dirimu sendiri, menyebarkan salam pada dunia dan bersedekah dari kebakhilan atau kekikiran” (HR Bukhari)


6. Salam merupakan salah satu jalan untuk memeroleh berkah atas orang yang memberikan dan membalas salam. Dari Anas ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda “Wahai anakku, apabila kamu masuk rumah keluargamu, ucapkanlah salam, karena ucapan salam akan menjadikan keberkahan kepadamu dan seluruh keluargamu” (HR Tirmidzi)


7. Salam dapat menyebabkan orang Yahudi marah. Dari Aisyah ra, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda “Orang-orang Yahudi tidak pernah merasa iri hati terhadap sesuatu pun yang ada pada kalian, seperti rasa iri hati mereka terhadap salam dan membaca ‘aamiin’ “ (HR Ibnu Majah)


8. Salam dapat mengantarkan seseorang ke dalam surga. Dari Abu Yusuf Abdullah bin Salam ra, ia berkata “Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berilah makan, sambungkanlah persaudaraan, dan sholatlah kamu sekalian pada waktu malam ketika orang-orang tertidur. Kalian akan masuk surga dengan selamat (salam)” (HR Tirmidzi)


Itulah beberapa keutamaan dan faedah mengucapkan salam, semoga dengan menebar kebaikan (mengucapkan salam) kita akan mendapatkan tempat istimewa di akhirat kelak. Aamiin.


Note:
Dikutip dari buku berjudul “Adakah Cinta di Hatimu?” karangan Abu Abdullah al-Hasyidi


Tidak ada komentar:

An ordinary woman © 2014